CURRENT WATER (ALAT UKUR DEBIT AIR) BIDANG IRIGASI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN SERANG

Currentmeter atau dikenal juga dengan alat ukur arus, biasanya digunakan untuk mengukur aliran pada air rendah. Alat ini merupakan alat pengukur kecepatan yang paling banyak digunakan karena memberikan ketelitian yang cukup tinggi. Kecepatan aliran yang diukur adalah kecepatan aliran titik dalam satu penampang aliran tertentu. Prinsip yang digunakan adalah adanya kaitan antara kecepatan aliran dengan kecepatan putar baling-baling currentmeter.
Dari kecepatan yang didapatkan dari alat ukur arus, maka akan didapatkan debit pada suatu aliran tersebut. Pengukuran debit pada aliran air ini (saluran/sungai) memerlukan  pengukuran yaitu luas penampang aliran dan kecepatan aliran. Pengukuran luas penampang sungai dapat dilakukan dengan mudah apabila lokasi stasiun telah ditetapkan, dan dilakukan pengukuran yang cermat tentang bentuk penampang sungai di stasiun tersebut.
Dalam praktek terdapat cara pengukuran debit, yaitu pengukuran langsung (direct measurement).

Jenis- Jenis Current Meter
Current meter dapat pula dibagi kedalam dua kategori berdasarkan metode   pengukurannya. Kedua jenis current meter tersebut adalah :

Current meter dengan pengukuran non-otomatik, yaitu current meter dengan cara pengukuran atau perekaman data kecepatan arus yang harus dilakukan langsung oleh seseorang untuk membacanya, biasanya alat ini ditempatkan pada suatu struktur tertentu.

Current meter dengan pengukuran otomatik, yaitu current meter yang merekam data kecepatan arus tanpa selalu harus langsung diperiksa oleh pengguna, Biasanya tipe ini memiliki sarana penyimpanan data yang cukup untuk jangka waktu pengukuran tertentu.
Metode Pengukuran Kecepatan Arus Air
Pengukuran kecepatan arus air, dapat dilakukan dengan beberapa metode, antara lain:
1. Velocity Curved Method (metode garis lengkung)
cara ini memerlukan pengukuran pada banyak titik dalam satu garis vertikal dari permukaan air sampai dasar sungai. Pada umumnya pengukuran dilakukan pada setiap 1/10 bagian ke dalam mulai dari titik 0,1 bagian sampai 0,9 bagian. Metode ini digunakan untukmendapatkan hasil pengukuran yang akurat dan dilakukan pada lokasi yang kondisi alirannya sangat tidak baik, misalnya alirannya terlalu deras dan terdapat banyak sampah.
2. Two-Point Method (metode pengukuran dua titik)
pengkuran kecepatan aliran air dengan cara ini dilangsungkan pada titik kedalaman 0,2 dan 0,8 dari permukaan air. Rata-rata kecepatan aliran air diperoleh dengan merata-ratakan kecepatan pengukuran pada kedua titik tersebut. Cara ini disarankan untuk tidak mengukur kecepatan aliran air pada lokasi yang kedalamannya kurang dari 0,76 meter, karena pada kedalaman kurang dari 0,76 meter, titik kedalaman 0,8 dan kedalaman 0,2 akan kurang dari 0,15 meter baik dari permukaan maupun dari dasar sungai, dan akan menyebabkan terjadinya gesekan antara baling-baling dengan sungai maupun udara.
3. Six-Tenths Method (cara pengukuran 0,6 kedalaman)
cara pengukuran ini dilakukan pada titik 0,6 kedalaman dari permukaan air. Cara ini dilakukan apabila two-point method (cara dua titik) tidak dapat dilakukan. Hasil pengukuran pada titik 0,6 kedalaman ini merupakan kecepatan rata-rata pada kedalaman air yang bersangkutan. Cara ini dapat dilakukan apabila kondisi air sebagai berikut :
• Kedalaman air antara 0,25 meter dan 0,7 meter.
• Aliran air membawa banyak sampah sehingga sulit untuk mengukur pada banyak titik.
• Saat alat ukur tidak dapat diletakkan pada titik 0,8 kedalaman.
• Tinggi permukaan air cepat berubah dan pengukuran harus dilaksanakan dengan cepat.

Pemeliharaan Current Meter
Untuk memelihara kondisi current meter yang sangat wajib dilakukan adalah pembersihan alat, sehingga sangat penting adalah peran operator dalam mengatasinya. Karena memang hanya dibutuhkan waktu sedikit untuk membersihkan, tetapi sangat  substansial untuk menghindari masuknya partikel-partikel seperti pasir dan juga korosi yang dapat mengganggu kinerja current meter tersebut.


Situs Terkait

Statistik Pengunjung

Statistik Pengunjung
Pengunjung 20
Total Pengunjung 25360
Total Hit 112493

Identitas Website

Nama Website : DPUPR Kabupaten Serang
Email : serang.dpuprkab@gmail.com
URL : serang.dpuprkab@gmail.com
No. Telepon : (0254) 200363
Alamat : Jalan Sama'un Bakri

Map Location