PENYEBARLUASAN INFORMASI PENATAAN RUANG KEPADA MASYARAKAT

Selasa, 01 Oktober 2019 | 08:53:08 WIB | 1 pembaca

Sebagaimana amanat Pasal 13 Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, pemerintah daerah kabupaten/kota mempunyai kewajiban menyelenggarakan pembinaan penataan ruang menurut kewenangan masing-masing dalam rangka membangun kesadaran masyarakat terhadap penataan ruang untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. Pembinaan penataan ruang tersebut dilaksanakan antara lain melalui sosialisasi peraturan perundang-undangan dan sosialisasi pedoman bidang penataan ruang, pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang serta penyebarluasan informasi penataan ruang kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana setiap orang berhak memperoleh Informasi Publik.

Keterbukaan informasi publik ini dimaksudkan untuk mendorong adanya transparansi Pemerintah dalam penyebaraluasan informasi penataan ruang dan untuk memberikan ruang bagi seluruh masyarakat dalam mengakses informasi penataan ruang di Kabupaten Serang.

Memperhatikan hal tersebut, dalam rangka melaksanakan pembinaan penataan ruang di Kabupaten Serang dan memberikan keterbukaan informasi kepada publik tentang penataan ruang di Kabupaten Serang, perlu dilakukan penyebarluasan informasi terkait penataan ruang dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Serang. Penyebarluasan informasi penataan ruang tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait apa itu penataan ruang, seperti apa, seberapa penting penataan ruang bagi masyarakat, dan juga memahami hak, kewajiban, serta peran masyarakat dalam penataan ruang.

Dalam hal ini, informasi terkait penataan ruang Kabupaten Serang dirangkum dalam Buku Pintar Penataan Ruang Kabupaten Serang yang berisi informasi tentang sekilas penataan ruang; hak, kewajiban dan peran masyarakat dalam penataan ruang; serta informasi seputar Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Serang. Buku Pintar ini dapat diakses/diunduh melalui website Dinas PUPR Kab. Serang (dpupr.serangkab.go.id).atau http://gg.gg/BukuPintarPenataanRuangKabSerang Dengan adanya Buku Pintar ini diharapkan masyarakat Kabupaten Serang secara khusus dan masyarakat umum lainnya dapat mengetahui penataan ruang di Kabupaten Serang dengan mudah.