Kegiatan Fasilitas Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Kontrak Terampil Kontruksi di lingkungan DPUPR Kab. Serang

Rabu, 21 November 2018 | 11:39:35 WIB | 1 pembaca

KEGIATAN FASILITASI UJI SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONTRAK TERAMPIL KONTRUKSI DI LINGKUNGAN DPUPR KAB. SERANG

Serang 19 November 2018 Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Serang Telah Mengadakan KEGIATAN FASILITASI UJI SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONTRAK TERAMPIL KONTRUKSI DI LINGKUNGAN DPUPR KAB. SERANG dan dihadiri oleh  Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Serang H. Ir. Hariman Purwantoro M.Si. Beserta jajarannya. Dari diadakannya acara tersebut yaitu untuk memberikan fasilitas bagi yang akan membuat SKT ( Sertifikat Keterampilan Kerja ) bagi Pekerjaan Kontruksi.

DARI TUJUAN KEGIATAN TERSEBUT YAITU UNTUK

1.   menunjang keberhasilan sebuah proyek konstruksi. Biasanya pada sebuah proyek konstruksi, para pekerja atau tim diharuskan memiliki sertifikat SKT ( Sertifikat Keterampilan Kerja ). Sebuah proyek bisa terhambat jika tim yang bekerja tidak memiliki sertifikat tersebut. Maka, dipastikan orang yang tergabung dalam proyek konstruksi memiliki sertifikat tersebut. Jika belum, perlu mengurus untuk memilikinya.

2.  membuat sertifikat di jasa SKT adalah dapat menjadi acuan industri konstruksi khususnya di Indonesia. Kita dapat melihat kualitas industri konstruksi di Indonesia melalui sertifikat SKT yang dimiliki. Hal ini dikarenakan SKT merupakan bukti sah yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau LPJK. Oleh karena itu, adanya SKT amatlah penting.

3.  adanya sertifikat keahlian adalah untuk memenuhi syarat Undang-Undang. Di Indonesia terdapat Undang-Undang yang mengatur tentang Jasa Konstruksi No 18 tahun 1999. Selain itu juga ada Keppres dan SK Menteri tentang Pengadaan Jasa Konstruksi. Sebagai seorang tenaga ahli yang resmi, perlu adanya memiliki sertifikat keahlian tersebut.

MANFAAT MEMBUAT SERTIFIKAT  KEAHLIAN SKT

1.  mendapat pengakuan secara nasional dan internasional, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam proyek, dapat melaksanakan proyek sesuai dengan visi dan misi, serta dapat menjadi sarana untuk meningkatkan karir lebih profesional.

2. Kemudian manfaat bagi atasan antara lain meningkatkan performance, mengetahui tingkat kemampuan anggota, dan dapat menempatkan anggota sesuai dengan kemampuan. Manfaat bagi penyedia jasa pelaksana konstruksi antara lain menjadi standar dan bukti kemampuan personil dan menjadi komitmen profesi ahli.

3.   Manfaat bagi pemilik proyek yaitu mendapatkan tenaga ahli dalam proyek konstruksi yang benar-benar kompeten dan profesional.