Kegiatan SDA


Selasa, 15 Januari 2019 | 08:30:32 WIB | 1 pembaca

KEGIATAN  SDA ( SUMBER DAYA AIR )

 

Air adalah semua air yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan tanah. Air dalam pengertian ini termasuk air permukaan, air tanah, air hujan dan air laut yang dimanfaatkan di darat. Sedangkan pengertian sumberdaya air adalah air dan semua potensi yang terdapat pada air, sumber air, termasuk sarana dan prasarana pengairan yang dapat dimanfaatkan, namun tidak termasuk kekayaan hewani yang ada di dalamnya (Sunaryo,2004).

Air merupakan elemen yang paling melimpah di atas bumi, yang meliputi 70 persen permukaannya dan berjumlah kira-kira 1.4 ribu juta kilometer kubik. Namun hanya sebagian kecil saja dari jumlah ini yang benar-benar dimanfaatkan,yaitu kira-kira hanya 0,003 persen. Sebagian besar air, kira-kira 97 persen, ada dalam samudera, laut, dan kadar garamnya terlalu tinggi.

Menurut Sunaryo (2004) berbagai persoalan tentang sumberdaya air yang berkaitan dengan kuantitas dan kualitasnya menyadarkan semua pihak bahwa persoalan air perlu dilakukan dengan tindakan yang tepat sehingga menghasilkan solusi yang optimal. Diperlukan pengelolaan sumberdaya air terpadu, menyeluruh dan berwawasan lingkungan agar sumberdaya air dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.Pengelolaan sumberdaya air adalah upaya merencanakan, melaksanakan,memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan konservasi sumberdaya air, pendayagunaan sumberdaya air, dan pengendalian daya rusak air. Adapun visi dan misi pengelolaan sumberdaya air adalah mewujudkan kemanfaatan sumberdaya air bagi kesejahteraan seluruh rakyat dan konservasi sumberdaya air yang adil untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Salah satu tujuan pengelolaan sumberdaya air adalah mendukung pembangunan regional dan nasional yang berkelanjutan dengan mewujudkan keberlanjutan sumberdaya air (Sunaryo, 2004).

Sumber : Internet

Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan ruang Kabupaten Serang telah melakukan peningkatan pembangunan Infrastruktur di Bidang SDA ( Sumber Daya Air ) yang bertujuan untuk

Sebagai sumber pengairan dalam pertanian

Sumber daya air yang cukup sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan pertanian (baca : Jenis Tanah Untuk Pertanian). Pengairan dalam pertanian sering kali dilakukan petani saat musim kemarau dimana hujan tidak turun (baca: Fungsi Air Hujan). Pengairan juga dilakukan ketika tanaman siap untuk dipanen. Jika tidak ada pengairan, maka tanaman pertanian tidak dapat tumbuh dengan baik. Karena hal tersebut, petani harus memiliki ketersedian sumber daya air yang cukup untuk kebutuhan irigasi.

 

Sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga

Air sangat sering digunakan dalam kegiatan rumah tangga, misalnya air untuk minum, mandi, mencuci dan memasak. Sumber daya air pemenuh kebutuhan rumah tangga biasanya berasal dari air tanah. Setiap rumah biasanya mempunyai sumur air tanah dengan kedalaman 5 meter sampai 15 meter untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Tidak hanya memanfaatkan sumber air tanah, setiap keluarga hendaknya juga berusaha menjaga kelestarian sumber daya air tanah (baca : Ciri Ciri Air Tanah yang Baik). Salah satunya adalah dengan membuat sumur resapan air hujan sebagai bentuk konservasi air tanah.

Sebagai media kebersihan

Air banyak dimanfaatkan sebagai media kebersihan. Misalnya, dalam kegiatan sehari- hari manusia menggunakan air untuk membersihkan badan, membersihkan alat masak dan juga membersihkan rumah. Membersihkan badan termasuk usaha untuk menjaga kesehatan diri. Sumber daya air secara tidak langsung juga mempengaruhi kesehatan manusia terutama dalam hal salinitas. Jika ketersediaan air untuk membersihkan badan tercukupi, maka kesehatan badan bisa tetap terjaga.

Untuk Kegiatan SDA ( Sumber Daya Air ) di Tahun 2018 Adalah :

BIDANG SUMBER DAYA AIR



NO

Infrastruktur Sumber Daya Air

 

2014 

2015 

2016

1

SITU/ EMBUNG ( 26 Lokasi )

 

 

 

 

SITU/ EMBUNG Besar& Kecil KondisiBaik

BH

3

5

6

 

 

 

 

 

2

Rawa ( 12 Lokasi )

 

 

 

 

RawaKondisiBaik

BH

5

6

6

 

 

 

 

 

3

Waduk ( 2 Lokasi )

 

 

 

 

WadukKondisiBaik

BH

8

8

8

 

WadukKondisiRusak

BH

0

0

0

 

 

 

 

4

Pembuang/ Sungai

 

 

 

 

Sal. Pembuang/Sungai KondisiBaik

BH

144

213

249

 

Sal. Pembuang/Sungai KondisiRusakBerat

BH

43

21

17

 

Mata Air

BH

4

8

8